1. PENGERTIAN PASAR DAN PEMASARAN
· Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan suatu transaksi
· Pemasaran adalah Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi.
2. Jenis-Jenis Pasar
Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya. Menurut dari bentuk kegiatannya pasar dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata ataupun pasar tidak nyata(abstrak). Maka kita lihat penjabaran berikut ini:
· Pasar Nyata.
Pasar nyata adalah pasar diman barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.
· Pasar Abstrak.
Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
Jenis pasar menurut cara transaksinya. Menurut cara transaksinya, jenis pasar dibedakan menjadi pasar tradisional dan pasar modern.
· Pasar Tradisional
Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
· Pasar Modern
Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.
Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya. Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging serta pasar loak.
Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi. Menurut keluasaan distribusinya barang yang dijual pasar dapat dibedakan menjadi:
· Pasar Lokal
· Pasar Daerah
· Pasar Nasional dan
· Pasar Internasional
Konsep pemasaran menyatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari menjadi lebih efektif daripada pesaing dalam mengintegrasikan kegiatan pemasaran ke arah menentukan dan memuaskan kebutuhan dan keinginan target pasar. Konsep pemasaran bersandar pada empat pilar: pasar sasaran, kebutuhan pelanggan, pemasaran terpadu, dan profitabilitas.
4. MANAJEMEN PEMASARAN
Adalah kegiatan penciptaan dan penyerahan barang agar memperluas pasar bagi perusahaan.
Manajemen pemasaran memiliki tugas untuk mempengaruhi tingkat, waktu, dan komposisi permintaan dalam suatu cara yang membantu organisasi mencapai tujuannya.
5. KEADAAN PERMINTAAN DAN TUGAS PASAR
Ada delapan keadaan permintaan yaitu:
· Permintaan negatif
· Tidak ada permintaan
· Permintaan terpendam
· Permintaan menurun
· Permintaan yang tidak beratuaran
· Permintaan penuh
· Permintaan yang berlebihan
· Permintaan yang tidak sehat
6. FALSAFAH MANAJEMAN PEMASARAN
· Konsep Produksi
Konsep ini menyatakan bahwa konsumen akan meyukai produk-produk yang terjangkau oleh kemampuan mereka. Karena itu menajemen berkonsentrasi pada peningkatan efesiensi produksi dan efesiensi distribusi.
· Konsep Produk
Konsep ini berpegang teguh pada anggapan bahwa konsumen akan menyenangi produk yang menawarkan mutu, penampilan, maupun keistimewaan dibandingkan produk jenis.
· Konsep Penjualan
konsep penjualan menekankan pada anggapan konsumen tidak akan membeli produk, jika organisasi tidak melakukan usaha-usaha promosi dan penjulan.
· Konsep Pemasaran
menurut konsep ini, kunci untuk mencapai keberhasilan sasaran oganisasi adalah kejelian dalam menentukan kebutuhandan keinginanan pasar.
· Konsep Pemasaran Kemasyarakatan
tugas organisasim berhubungan dengan penentuan kebutuhan, keinginan, serta minat pasar sasaran dan untuk memberikan kepuasan yang lebih efisien dan efektif daripada pesaing dengan cara mempertahankan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
7. BAURAN PEMASARAN
Bauran pemasaran merupakan variabel-variabel yang dapat dikendalikan oleh perusahaan, yang terdiri dari : produk, harga, distribusi, dan promosi.
· Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, digunakan, atau dikonsumsi pasar sebagi pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan.
· Harga merupakan variabel yang dapat dikendalikan yang menetukan diterima tidaknya suatu produk leh konsumen.
· Distribusi merupakan masalah lain yang akan dihadapi perusahaan pada saat produk selesai diproses.
· Promosi merupakan suatu ungkapan dalam arti luas tentang kegiatan-kegiatan yang secara aktif dilakukan oleh perusahaan (penjual) untuk mendorong konsumen membeli produk yang ditawarkan.
8. TUJUAN SISTEM PEMASARAN
· Memperkenalkan Produk kepada Umum
· Melakukan Promosi baik dalam bentuk fisik maupun maya
· Mendukung Penjualan hingga terjadinya penjualan
· Melakukan pemetaan terhadap pasar (market share, dsb)
· Analisa terhadap kompetitor (pesaing usaha)
· Membuat Feed back bagi produksi (tentang kekurangan dan kelebihan produk yang dibuat dan dipasarkan)
· sebagai acuan / pertimbangan untuk peningkatan produksi pada periode selanjutnya
9. PENDEKATAN DALAM MEMPELAJARI PEMASARAN
· Pendekatan Serba Fungsi
Dari apa saja kegiatan pokok pemasaran, yaitu : pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi
dan grading, pengumpulan informasi pasar
· Pendekatan Serba Lembaga
Dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen, suplier, perantara dagang dsb
· Pendekatan Serba barang (Pendekatan Organisasi Industri)
Studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau konsumen industri
· Pendekatan Serba Manajemen
Dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil
· Pendekatan Serba Sistem
Menyangkut elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk, dan lembaga.
SUMBER: S Alam. 2007. ekonomi kelas X. Jakarta:
Penerbit Esis